Menyesal jika tidak membacanya

22 Jun 2015

Surat al-Baqarah merupakan surat kedua di dalam al-Qur’an.

Surat yang bermakna Sapi Betina ini menjadi surat terpanjang dengan dua ratus delapan puluh enam ayat.

Di dalamnya juga terdapat ayat yang paling panjang di dalam keseluruhan al-Qur’an. Yaitu ayat dua ratus delapan puluh dua yang menerangkan tentang anjuran untuk mencatat hutang piutang dan bab muamalah (ibadah) lainnya.

Selain itu, di dalam surat al-Baqarah juga terdapat ayat yang paling mulia. Ialah ayat kedua ratus lima puluh lima yang masyhur dengan sebutan ayat Kursi.

Sedangkan kandungan yang terdapat di dalamnya, termasuk perintah shalat, puasa, zakat, haji, dan ibadah-ibadah lain yang bisa semakin mendekatkan diri seorang hamba kepada Allah Ta’ala.

Karena hal itu pula, surat al-Baqarah memiliki keutamaan yang amat melimpah nan agung, diantaranya;

“Bacalah al-Qur’an. Sebab ia dapat memberi syafaat pada hari Kiamat pada ahlinya. Bacalah dua surat yang terang bagaikan bunga atau pelita, yaitu al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Sebab keduanya akan tiba di hari Kiamat bagaikan awan atau rombongan yang berbaris untuk membela para ahlinya. Bacalah surat al-Baqarah. Sebab jika melaksanakan pasti barakah, jika meninggalkannya pasti rugi dan menyesal, serta tidak dapat melaksankannya orang-orang yang batil dan tidak jujur.” (HR. Ahmad)

“Siapa yang membaca surat al-Baqarah akan diberi mahkota dari surga.” (HR. al-Baihaqi)

“Sesungguhnya Allah Ta’ala telah menutup surat al-Baqarah dengan dua ayat yang diberikan padaku dari perbendaharaan di bawah ‘arsy. Maka pelajarilah olehmu, dan ajarkan pada istri dan anak-anakmu. Sebab ia bagaikan shalat, bacaan, dan doa.” (HR. al-Hakim)

Keutamaan ini adahal motivasi secara umum kepada kaum Muslimin agar senantiasa berkomunikasi kepada Allah Ta’ala dengan membaca al-Qur’an. Bukan sebuah pemuliaan kepada satu surat, dan menganggap tidak penting surat yang lain. Sebab, keseluruhan al-Qur’an adalah kemuliaan.

Mari kita perbanyak membaca al-Qur’an al-Karim minimal sebulan sekali khatam 30 Juz.

Marhaban Ya Ramadhan

Barakallah | Sehat, Sukses & Bahagia dunia akhirat untuk Anda sekeluarga smua Aamiin

Rekening Donasi Muamalat: 101.008.220.8 BSM: 701.551.824.8 Mandiri: 132000.481.974.5 BCA: 094.301.600.1 a/n Yayasan Rumah Zakat Indonesia

Konsultasi/Konfirmasi zakat, infak, sedekah, wakaf, beasiswa anak yatim, super kurban RZ, program senyum ramdhan RZ & donasi dana kemanusian lainnya Tri RZ 0812 8352 8532 | bbm 742c8c6b www.rumahzakat.org

Tolong sebarkan mudah-mudahan Anda sekeluarga mendapatkan bagian dari pahalanya aamiin jazakumullah khoir…

 


TAGS Al Qur'an; odoj


-

Author

Follow Me


Categories